Wayan Service Pompa Air Bali

Tips Merawat Pompa Air Agar Awet Dan Tahan Lama

Anda yang mempunyai pompa air dan belum tahu bagaimana cara yang benar dalam merawatnya dan tak ingin buru-buru ke service pompa air di Bali. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk merawat pompa air agar awet dan tahan lama.

  • Pastikan daya listrik rumah memadai

Sebelum memutuskan untuk membeli pompa air yang baru di toko atau membeli pompa air bekas melalui tukang service pompa air di Bali, pastikan dahulu bahwa daya listrik rumah Anda memadai. Memadai di sini artinya adalah tegangan untuk pompa air cukup tidak lebih dan tidak kurang.

Jika tegangan untuk menyuplai pompa air terlalu berlebihan, maka bisa membuat dinamo pompa cepat panas, bisa juga merusak kapasitor, dan merusak gulungan dalam motor dinamo. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menanggulanginya menggunakan stabilizer atau stavol.

  • Jika air sumur anda kosong, maka jangan menghidupkan pompa air

Jika keadaan sumur sedang tak ada air atau airnya hanya sedikit, sebaiknya Anda tak menghidupkan pompa air. Karena tak ada rotasi air yang masuk, maka secara otomatis mesin pompa Anda akan cepat panas, lama-kelamaan mesin bisa terbakar dan rusak akibat dari tidak adanya air yang masuk ke dalam pompa. Jika sudah rusak, cara paling aman untuk memperbaikinya adalah pergi ke service pompa air di Bali.

  • Jangan menggabungkan saklar pompa air dengan perangkat listrik yang lain

Khusus untuk pompa air, sebaiknya diberikan jalur khusus dari kabel induk, bukan jalur listrik saklar yang bercabang-cabang yang setara dengan perangkat listrik lainnya. Hal tersebut bertujuan supaya tidak merusak saklar. Belajar dari pengalaman terdahulu, sudah banyak kasus pompa air yang terbakar karena menggabungkan saklar pompa dengan peralatan lainnya.

  • Pastikan tempat pompa air anda terlindungi

Letakkanlah pompa air Anda di dalam suatu wadah yang bisa melindungi pompa. Jangan biarkan pompa Anda terpapar panas dan hujan setiap hari. Jika memang pompa berada di dalam ruangan yang aman tanpa panas dan hujan yang berlebih, maka tak perlu menggunakan wadah khusus untuk melindunginya. Panas dan hujan bisa mengurangi umur pompa air, sehingga akan lebih sering dibawa ke tukang service pompa air di Bali.

Selain keempat tips tersebut, cara ampuh dan mudah untuk merawat pompa air dari tukang service pompa air di Bali adalah tentu saja dengan membersihkannya secara berkala. Pembersihan pompa air bertujuan untuk menghindari karat pada pompa, untuk menghindari kotoran yang masuk ke dinamo motor pompa. Untuk menghindari kotoran dan debu yang menumpuk, pompa harus dibersihkan secara berkala, ya setidaknya satu bulan sekali.

Service Pompa Air di Bali, Jasa Sumur Bor di Bali

2 thoughts on “Tips Merawat Pompa Air Agar Awet Dan Tahan Lama”

Leave a Comment